kabul paminto

kabul paminto
kabul sport

Kamis, 10 Januari 2013

RPP PENJAS KELAS 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1    Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
A.    Tujuan Pembelajaran**:
Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor ( NK. Disiplin :  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan )
Karakter siswa yang diharapkan :
·   Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Percaya diri
·   Keorisinilan
·   Berorientasi ke masa depan

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·          Gerak dasar lokomotor
       Gerak dasar dalam berpindah tempat contoh, jalan, lari, dan lompat
B.                 Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  1. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Berjalan ke depan, belakang, samping langkah panjang dan langkah pendek
F Berjalan dengan ujung kaki dan tumit
F Berlari ke depan, ke belakang, dan ke samping dengan Disiplin.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan berlari dengan langkah panjang dan pendek dengan Kerja keras
F Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan ke samping
F Melakukan gerakan melompat  dengan satu kaki atau dua kaki
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
      Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbai1i tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V.                Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Diktat permainan bola kecil
·         Pluit
VI.             Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
·        Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
·        Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
·        Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
·        Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
·        Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
·        Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
·        Menghargai prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
·        Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
·        Peduli lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
·        Peduli sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan  masyarakat yang membutuhkan
·        Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

·        Melakukan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah dengan Keberanian ( Bravery )
·        Berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
·        Melakukan gerakan berlari keberbagai arah
·        Melakukan gerakan lari bervariasi dengan percaya diri ( confidence )
·        Melakukan gerakan melompat ke berbagai arah
·        Melakukan variasi gerakan melompat
Test (Individu)

Test
ketrampilan



·        Praktekkan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah
·        Bagaimana cara berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
·        Praktekkan gerakan berlari keberbagai arah
·        Praktekkan gerakan lari bervariasi
·        Praktekkan gerakan melompat ke berbagai arah
·        Praktekkan variasi gerakan melompat



  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

         






Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   2 ( dua)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.2.  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

I         Tujuan Pembelajaran**:
Siswa dapat melakukan gerak dasar  non lokomotor
v  Karakter siswa yang diharapkan :       
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Gerak dasar non  lokomotor
III.  Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar  non lokomotor
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakuka gerakan memutar badan ke samping dan ke belakang
F Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan ke samping
F Melakukan  permainan jongkok –berdiri  dengan isyarat
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Diktat permainan bola kecil
·         Pluit
·         tali
VI        Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·         Melakukan gerakan memutar badan
·         Melakukan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok
·         Melakukan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk permainan

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan gerakan memutar badan
·   Praktekkan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok
·   Praktekkan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk permainan

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.











Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   3 (tiga)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.3  Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

I         Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar  non lokomotor
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Gerak dasar manipulatif
·         Permainan
III.  Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B     Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar  non lokomotor
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakuka gerakan menangkap bola dari atas, datar dan bawah
F Melakukan gerakan melempar bola dengan sasaran  dalam bentuk lomba
F Melakukan  memasukkan bola pada keranjang dalam bentuk lomba
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Diktat permainan bola kecil
·         Pluit
·         Keranjang

VI Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·         Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
·         Melakukan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
·         Praktekkan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1







&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.


















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   4 (empat)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 2.  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
Kompetensi Dasar: 2.1  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berdiri

I         Tujuan Pembelajaran**:
·     Membiasakan badan selalu tegap
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·     Anatomi tubuh
III       Metode Pembelajaran:
·     Ceramah
·     Demonstrasi
·     Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B   Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan tegap
F Melakukan gerakan sikap badan berdiri tegap dengan ke berbagai arah
F Melakukan gerakan sikap badan berdiri tegap dalam keadaan istirahat
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1,
·         Pluit
·         Anatomi tubuh

VI    Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran  
 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·       Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·       Berdiri dalam keadaan istirahat

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·         Melakukan gerakan berdiri Berdiri dalam keadaan istirahat


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1







&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   5  (empat)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 2.  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

Kompetensi Dasar: 2 .2  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan

I         Tujuan Pembelajaran**:
·         Membiasakan badan selalu tegap

v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Anatomi tubuh
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan tegap
F Melakukan gerakan sikap badan berdiri tegap dengan ke berbagai arah
F Melakukan gerakan sikap badan berdiri tegap dalam keadaan istirahat
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Pluit
·         Anatomi tubuh

VI        Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·       Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil berjalan tegak
·       Melakukan gerakan berjalan ke samping
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil berjalan tegak
·         Praktekkan gerakan berjalan ke samping

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1






&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   6   (enam)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: .3  Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 3..1  Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
I         Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa mampu melakukan latihan keseimbangan
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Mekanika berdiri, berjalan
III       Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B  Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu melakukan latihan keseimbangan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan variasi gerakan keseimbangan statis / tidak bergerak
F Melakukan gerakan sikap berdiri dengan satu kaki, kaki di luruskan ke depan, kaki  ditekuk , di depan atau kebelakang
F Melakukan gerakan sikap duduk membentuk huruf V
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Pluit

VI        Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·       Melakukan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di tempat
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di tempat

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1
 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   7   (tujuh)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: .3  Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 3..2  Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin

I         Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa mampu melakukan latihan keseimbangan
  • Melatih percaya diri
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Keseimbangan dinamis
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B   Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu melakukan latihan keseimbangan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan  gerakan keseimbangan berjalan di atas garis
F Melakukan gerakan mengangkat satu  kaki sambil melompat ke depan
F Melakukan gerakan berguling kesamping
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Pluit
·         Matras

VI        Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·       Melakukan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
·       Melakukan gerakan berguling
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·       Praktekkan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
·       Praktekkan gerakan berguling

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1






&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   8  (delapan)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi:
 4. Mengungkapkan perasaan melalui   gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
4. 1   Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama

I     Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa mampu menirukan gerakan yang dilihat
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Elemen ritmik sederhana
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B   Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu menirukan gerakan yang dilihat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan variasi gerakan menirukan binatang berjalan, cara gajah berjalan, cara kera berjalan, cara bangau berdiri, cara kuda berlari, cara rusa berlari, meniru kelinci melompat, meniru katak melompat, meniru kangguru melompat.
F Melakukan gerakan  pohon di tiup angin
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Pluit

VI    Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran  
 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·       Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·       Praktekkan variasi gerakan menirukan gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1







&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.

















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   9  (sembilan)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi:
4. Mengungkapkan perasaan melalui   gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
 4.2   Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
I         Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa mampu melakukan gerakan elemen ritmik dasar
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Elemen ritmik dasar
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu melakukan gerakan elemen ritmik dasar
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan tangan berirama dengan menggunakan irama musik  atau lagu
F Melakukan latihan  gerakan  senam dengan kelompok
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir / Penenangan, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Pluit
·         Diktat
·         Casete

VI   Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·       Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·       Praktekkan variasi gerakan menirukan gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
                                                                                                                
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.


















Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   10  (sepuluh)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar:  5.1   Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit

I         Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa mampu menjaga kesehatan pribadi
  •  Siswa dapat menerapkan menjaga kesehatan pribadi dalam kehidupan sehari-hari
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Kebersihan pribadi
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Tanya jawab
·               tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Mengecek kehadiran siswa
F Tanya jawab tentang materi yang akan di berikan
B  Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu Menjelaskan pengertian dari kebersihan pribadi
F Menjelaskan manfaat  dari kebersihan pribadi bagi kesehatan
F Menjelaskan cara menjaga kebersihan kuku dan kulit
F Menjelaskan akibat  dari kuku dan kulit kotor
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan alat-alat kebersihan pribadi
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Menguatkan kembali materi yang telah diberikan pada anak
F Mengerjakan latihan soal

V   Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Buku Kesehatan

VI  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran 
  
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·         Pengertian arti kebersihan pribadi
·         Mengenal alat kebersihan pribadi
·         Manfaat kebersihan pribadi
·         Cara menjaga kebersihan kuku dan kulit
·       Akibat kuku dan kulit yang kotor
Tes tulisan


Soal-soal

·         Kebersihan pribadi adalah .......
·         Tuliskan dua macam alat kebersihan pribadi !
·         Supaya kulit kita bersih dan sehat maka kita harus ....
·         Apa akibatnya bila kuku kita kotor ?
·         Kulit berguna untuk.....
·         Kebersihan pangkal .....
·         Bahan untuk menggosok gigi adalah ...
·         Kuku yang panjang sebaiknya .....
·         Tuliskan penyakit kulit yang kalian ketahui !
·         Untuk membersihkan badan sebaiknya kita.......









FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.












Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SD Negeri Jetis 04
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   11  (sebelas)
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar:  5.2   Mengenal pentingnya imunisasi
I    Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat mmemahami manfaat immunisasi bagi kesehatan
v  Karakter siswa yang diharapkan :
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pentingnya Immunisasi
III       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Tanya jawab
·               tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.  Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Mengecek kehadiran siswa
F Tanya jawab tentang materi yang akan di berikan
B  Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu Menjelaskan pengertian dari Immunisasi
F Menjelaskan manfaat  immunisasi bagi kesehatan
F Menjelaskan akibat  yang tidak di immunisasi bagi kesehatan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan alat-alat kebersihan pribadi
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Menguatkan kembali materi yang telah diberikan pada anak
F Mengerjakan latihan soal

V         Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 1
·         Buku Kesehatan

VI    Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·         Pengertian immunisasi
·         Manfaat immunisasi bagi kesehatan
·         Akibat yang tidak di immunisasi bagi kesehatan
Tes tulisan


Soal-soal

·         Immunisasi  adalah .......
·         Tuliskan  macam – macam Immunisasi !
·         Mengapa kita harus di immunisasi ?
·         Apa akibatnya bila kita ttidak di immunisasi ?
·         Siapa saja yang harus di immunisasi ?
·         Dimana saja tempat untuk di imunisasi ?
·         Bagaimana caranya untuk di immunisasi  ?
·         Siapa saja petugas yang memberikan suntikan immunisasi ?
·         Adakah di tempat kalian POSYANDU ?
·         Apa kepanjangan dari POSYANDU ?




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.











Mengetahui,
Kepala Sekolah




Endang Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19590629 198012 2 003

Sukoharjo, .......................... 2010                                    Guru Mata Pelajaran




Kabul Paminto, A.Ma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar